About Us

Tipe AC


Oleh: Tim JTP


Tipe AC : Perbedaan AC Standard, AC Low Watt atau AC Inverter

Customer : Ada AC yang hemat listrik?
Sales : Ohh.. ada Pak.. ini Sharp watt kecil, atau yang ini LG juga watt kecil cuma 670 watt
Customer : Kalau merk Panasonic ada?
Sales : Kalau Panasonic adanya ac inverter Pak
Customer : Bedanya apa? Watt nya berapa yang 1 pk?
Sales : eh.. menurut brosurnya sih antara 220 - 990 watt (sambil menunjuk spec di brosur)
Customer : Kok gitu? Jadi mana yang lebih hemat?
Tanya jawab seperti ini kerap terjadi di toko kami. Calon customer kami bukan dari Partai Hijau yang peduli lingkungan atau yang mau berhemat listrik dengan motto "Save The Earth",tapi rupanya mereka ingat tagihan listrik bulan terakhir yang harus mereka bayar,sementara kebutuhan akan AC sudah tidak bisa ditunda.Maka dalam memilih tipe AC difokuskan pada yang paling hemat listrik.
Fungsi AC yang sebenarnya adalah memindahkan panas dari satu ruangan (mis : kamar tidur) ke ruangan lain (mis : luar rumah),sehingga kamar tidur kita menjadi dingin.
Pada AC split, indoor unit (bagian yang dipasang di dalam rumah) menyerap panas atau dengan kata lain mengeluarkan udara dingin.Sementara outdoor unit membuang udara panas dengan bantuan kipas angin yang terpasang di unit outdoor.
Sebagai contoh,AC 1 pk memindahkan panas sebesar 9000 BTU (British Thermal Units) atau setara 9.495 KJ (Kilo Joule) dalam 1 jamnya.
Anda tertarik membeli AC tetapi bingung ketika diberi pilihan AC Standard, Low Watt atau AC Inverter ? Disini kita akan bahas ketiga jenis tipe AC tersebut dengan harapan anda akan mengerti perbedaan,kelebihan dan kekurangan dari masing masing jenis AC tersebut. Kami harap setelah membaca artikel ini anda dapat memilih dengan tepat AC tipe dan jenis apa yang cocok untuk penggunaan dan kebutuhan anda.

AC Low Watt

AC Low Watt memiliki cara kerja yang sama dengan AC Standard. Perbedaannya terletak pada kompressornya yang menggunakan daya listrik yang lebih kecil. Untuk mencapai kemampuan yang sama maka AC Low Watt memperkuat kipas angin pada outdoor unit.
Secara umum, AC Low Watt memiliki harga lebih mahal dari AC Standard tetapi menggunakan listrik yang lebih efisien sehingga biaya listrik anda akan lebih murah hingga ~20-30% per bulannya.
Tipe AC Low Watt ini juga cocok digunakan untuk rumah yang memiliki daya listrik kecil karena memiliki tarikan listrik awal yang paling kecil dibandingkan dengan tipe AC Standard dan AC Inverter.
Sebagai contoh AC Low Watt 1PK dari Sharp menggunakan daya listrik 690W apabila dibandingkan dengan 900W yang diperlukan AC Standard 1PK dari Sharp.
Kekurangan AC Low Watt hanya pada fakta bahwa ruangan akan terasa dingin lebih lambat dibandingkan AC Standard karena AC ini menggunakan tenaga yang paling sedikit.

AC Inverter

AC inverter adalah AC dengan kasta tertinggi. Teknologi pada AC inverter membuat kompresor pada AC inverter dapat bekerja menyesuaikan pada kebutuhan untuk mencapai suhu ruangan yang diinginkan.
Sebagai contoh apabila anda menyetel suhu 24 pada remote AC inverter anda maka pada awal dinyalakan AC Inverter akan bekerja dengan sangat keras untuk mendinginkan ruangan. Penggunaan awal ini menggunakan listrik yang lebih tinggi dari AC Standard. Pada saat suhu ruangan sudah mencapai 24 (sesuai dengan remote AC) maka kompressor pada AC inverter akan bekerja seminimal mungkin.
AC Inverter ini akan terus bekerja untuk memastikan suhu ruangan sesuai dengan suhu yang disetel pada remotenya. Hal ini membuat AC inverter tidak cocok untuk ruangan yang pintunya kerap dibuka tutup atau banyak orang keluar masuk.
AC Inverter juga tidak cocok untuk penggunaan yang sebentar karena tarikan listrik awalnya amat tinggi sehingga tidak efisien pada penggunaan listrik.

Tabel Kelebihan & Kekurangan AC Standard, Low Watt & Inverter

Keterangan AC Standard AC Low Watt AC Inverter
Waktu Yang Diperlukan Untuk Ruangan Dingin Standard Paling lama Paling cepat. AC inverter menggunakan tarikan listrik awal yang paling besar untuk membuat ruangan dingin secepatnya.
Tarikan Listrik Awal Tinggi Paling lama Lebih rendah dari AC Standard Paling tinggi. Penggunaan listrik akan menurun pada saat ruangan sudah dingin.
Efisiensi Listrik Tinggi Standard Lebih efisien dari AC Standard Lebih efisien dari AC Low Watt dengan catatan penggunaan yang tepat. Penggunaan pada ruangan yang salah akan mengakibatkan AC ini paling tidak efisien. Tarikan listrik pada awal amat tinggi tetapi penggunaan listrik akan menurun drastis pada saat ruangan sudah mencapai temperatur yang disetel pada remote.
Fitur Tambahan (Contoh: filter udara, filter bakteria) Standard Hampir sama dengan AC Standard Fitur paling banyak. AC Inverter merupakan AC dengan kasta paling tinggi.
Freon Yang Digunakan R22/R32 R22/R32 R401 (lebih mahal dari R22 atau R32)
Harga Paling murah Diantara AC Standard & AC Inverter Paling mahal. AC inverter adalah AC dengan kasta tertinggi.
Skenario Ruangan Yang Cocok Disesuikan dengan kondisi daya listrik rumah
  • • Cocok untuk rumah dengan daya listrik yang rendah
  • • Cocok untuk ruangan dengan pintu yang sering dibuka tutup atau orang keluar masuk
  • • Cocok untuk penggunaan yang tidak terlalu lama (2-3 jam)
  • • Ini adalah AC ideal untuk kantor, karaoke, ruang tamu
  • • Tidak cocok untuk rumah dengan daya listrik rendah (tidak akan kuat untuk tarikan awalnya)
  • • Cocok untuk kamar tidur yang jarang dibuka tutup sehingga temperatur udara bisa dijaga konstan selama berjam jam sehingga penggunaan listrik akan amat efisien
  • • Ini adalah AC ideal untuk ruang tidur


Tipe AC Apa Yang Paling Irit ?

Ada 2 kemungkinan untuk tipe AC yang paling irit tergantung dari penggunaannya.
AC Low Watt adalah AC paling irit untuk penggunaan yang tidak lama (sekitar 2-3 jam) atau untuk ruangan yang sering pintunya dibuka tutup dan lalu lalang orang keluar masuk.
AC Inverter adalah AC paling irit dengan catatan digunakan dalam waktu lama (8 jam) dan ruangan yang pintunya jarang dibuka tutup. Contoh ruangan ideal adalah kamar tidur utama dan kamar tidur anak.
Perbedaan penggunaan AC nya cukup signifikan dengan skenario yang tepat.

Apa tipe AC Yang Cocok Untuk Anda ?


Berikut adalah rekap tipe AC yang cocok untuk anda:
  • • Rumah anda memiliki daya listrik pas pasan -> Gunakan AC Low Watt
  • • Pintu ruangan AC anda sering dibuka tutup -> Gunakan AC Standard atau Low Watt
  • • AC anda sering dimatinyalakan -> Gunakan AC Standard atau Low Watt
  • • AC anda hanya bekerja untuk waktu pendek (2-3 jam sekali pakai) -> Gunakan AC Standard atau Low Watt
  • • AC anda nyala dalam kondisi lama (6 jam+) di ruangan yang tidak buka tutup (contoh di ruang tidur) -> Gunakan AC Inverter

Semoga bermanfaat.


Jadi, Bagi Anda yang membutuhkan pembelian unit AC tipe apa saja, Silakan datang ke toko kami atau hubungi Hotline kami di 0361-8447229

CV. JTP

Perusahaan Kontraktor MEP ( Mekanikal Elektrikal dan Plumbing )
Gg Kidul,Perum citra tegal buah no 9
Padang Sambian Kelod Denpasar Bali – 80117
Telp.0361-8447229 / 08-123930-1999, 081-231103131-131 | Fax. 0361 – 8447229
Email: [email protected] | website: http://www.jtp.co.id

team img 1

Putu Sedana

Project Manager
team img 4

Gde Ramon Dharmawan,ST

Project Director
team img 3

Dindari

C E O
team img 4

Novianti

Accounting Manager

Mencari partner terbaik untuk proyek anda?

Kami adalah kontraktor spesialis pekerjaan MEP berlokasi di denpasar - bali. Kami profesional di segala bidang mekanikal, elektrikal, sistem pemipaan dan sistem tata udara (HVAC). Bekerja dengan kami akan memberikan banyak keuntungan, salah satunya kami menyediakan ide desain, rekomendasi teknik dan konsultasi yang mempunyai value yang tinggi untuk efesiensi biaya bagi properti anda.

CONTACT INFO

Gg Kidul,Perum citra tegal buah no 9, Denpasar, 80117 PHONE: (+62361) 8447229 HP: (+62)81 239 301 999 EMAIL: [email protected] SITE: www.jtp.co.id

PHOTO STREAM

PLEASE FILL YOUR EMAIL BELOW
Thank you for fill your email