About Us

Menentukan luas penampang kabel sesuai dengan kebutuhan daya terpasang

Motor listrik merupakan mesin listrik yang banyak sekali digunakan sekarang ini, karena banyaknya manfaat dari motor listrik untuk mempermudah pekerjaan sehingga motor listrik tersebut harus di jaga dengan baik agar tetap dapat berkerja secara kontinyu. Contoh gangguan yang bisa terjadi pada motor listrik misalnya arus listrik yang diserapnya terlalau besar melebihi kemampuan maksimumnya dikarenakan pembebanan mekanik yang berat sehingga dapat mempengaruhui meningkatnya arus listrik, jika masalahnya seperti ini maka biasanya motor listrik pemasangannya dilengkapi dengan Thermal Overload Relay. fungsi Thermal overload relay adalah mendeteksi panas berlebih akibat arus yang mengalir pada Bimetal Thermal yang di pasang seri terhadap motor listrik.


Gangguan lain yang bisa terjadi dan dapat merusak motor listrik 3 fasa adalah adanya suplay dari sumber listrik yang salah satu dari ketiga fasa ada yang hilang atau terputus, dengan demikian suplay listrik yang masuk ke motor listrik 3 fasa hanya 1 atau 2 fasa saja sehingga dengan daya motor yang tetap dan fasa berkurang maka arus listrik akan meningkat sehingga dalam waktu yang lama kumparan motor listrik akan panas dan terbakar.


Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi untuk sobat tentang rangkaian proteksi tegangan motor listrik 3 fasa mudah mudahan dapat memberikan manfaat bagi sobat yang membutuhkan. Berikut gambar rangkaian proteksi tegangan motor listrik 3 fasa.

listrik 3 phase

Prinsip kerja rangkaian proteksi tegangan motor listrik 3 fasa :


Gambar tersebut dilengkapi dengan 3 buah relay AC 220 volt yang di suplay dari masing masing fasa yang berbeda dari sistim 3 fasa. Ketiga relay akan bekerja apabila ketiga fasa tetap terhubung ke masing masing koil R1, R2 dan R3. Yang bisa di manfaatkan dari ketiga relay tersebut adalah kontak NO dari masing masing relay tersebut yang ketiga tiganya di pasang seri terhadap rangkaian kontrol motor listrik 3 fasa.


Kontak NO dari ketiga Relay akan menutup/terhubung apabila suplay listrik 3 fasa tetap terjaga. Namun jika salah satu saja dari sistem 3 fasa terputus maka rangkaian kontrol tidak dapat berfungsi, dengan demikian arus listrik tidak nyampai ke kontaktor K1 sehingga motor motor berhenti sendiri dan tetap aman. Demikian pembahasan tentang rangkaian proteksi tegangan motor listrik 3 fasa semoga bermanfaat.

team img 1

Putu Sedana

Project Manager
team img 4

Gde Ramon Dharmawan,ST

Project Director
team img 3

Dindari

C E O
team img 4

Novianti

Accounting Manager

Mencari partner terbaik untuk proyek anda?

Kami adalah kontraktor spesialis pekerjaan MEP. Kami profesional di segala bidang mekanikal, elektrikal, sistem pemipaan dan sistem tata udara (HVAC). Bekerja dengan kami akan memberikan banyak keuntungan, salah satunya kami menyediakan ide desain, rekomendasi teknik dan konsultasi yang mempunyai value yang tinggi untuk efesiensi biaya bagi properti anda.

CONTACT INFO

Jl. Gunung Mas no 1, Denpasar - BALI, 80117 PHONE: (+62361) 8447229 HP: (+62)81 239 301 999 EMAIL: info@jtp.co.id SITE: www.jtp.co.id

PHOTO STREAM

PLEASE FILL YOUR EMAIL BELOW
Thank you for fill your email