About Us

Menentukan Kapasitas AC yang akan terinstall.

Mari kita mengenal lebih dulu apa itu BTU dan apa Itu PK, istilah istilah yang sering terdengar dan dipakai dalam instalasi AC. BTU adalah singkatan dari British Thermal Unit merupakan satuan energi yang digunakan di Amerika Serikat yang biasanya di definisikan per jam, menjadi satuan BTU/hour. Satuan ini juga masih sering dijumpai di Britania Raya pada sistem pemanas dan pendingin lama. Sekarang ini satuan ini mulai digantikan dengan satuan energi dari unit SI, yaitu Joule (J). 1 BTU/hour adalah energi yang dibutuhkan untuk memanaskan atau mendinginkan air sebanyak 1 galon air (1 pound – sekitar 454 gram) agar temperaturnya naik atau turun sebesar 1 derajat fahrenheit dalam 1 jam. Hubungannya dengan AC, BTU menyatakan kemampuan mengurangi panas / mendinginkan ruangan dengan luas dan kondisi tertentu selama satu jam. Orang awam sering menyebut kekuatan AC itu dengan PK, sebenarnya yang diperlukan adalah satuan input dan output : input nya berapa Watt dan outputnya berapa BTU/hour. Lalu apa yang dimaksud dengan PK ? kok ada 1/2 PK, 3/4 PK, 1 PK, 2 PK dst ? PK adalah singkatan dari bahasa Belanda “Paardekracht” yang artinya tenaga kuda, atau bahasa Inggrisnya adalah HP (horse power). 1 PK = 735.5 watt / jam = 0.986 hp. Jika ada AC 1 PK, itu artinya adalah : tenaga listrik yang digunakan kompresor AC adalah sekitar 735,5 watt (ada juga yang bilang 750 watt) dalam 1 jam. Tapi itu belum ditambah rugi daya, kipas pendingin indoor maupun outdoor. Terkadang AC 1 PK bisa menyedot listrik sekitar 1 KWh bahkan lebih.


Langkah awal Persiapan instalasi AC

Jika BTU butuh 4000, lalu Anda menggunakan AC 1 PK, maka ruangan akan cepat dingin dan kompresor akan sering mati, sehingga lebih hemat listrik. Semakin besar PK, semakin besar kebutuhan listriknya. Demikian pula sebaliknya, jika BTU butuh 9000 tapi Anda menggunakan AC 1/2 PK, maka AC akan lama untuk mencapai suhu yang diinginkan, akhirnya juga malah terjadi pemborosan listrik. Sebelum membeli AC, pastikan dulu daya listrik terpasang di rumah Anda masih mencukupi. Kalau tidak mencukupi, Anda harus upgrade dulu atau memilih untuk menggunakan AC tipe low watt. Untuk AC dengan tipe inverter, sebaiknya Anda membeli AC dengan BTU lebih besar dari yang dibutuhkan. Hal itu agar ruangan lebih cepat dingin sehingga kerja kompresor tidak ngoyo kerjanya, yang hal ini berakibat lebih hemat listrik dan komponen lebih awet.


Daya Listrik pada AC

AC anda bekerja amat keras sehari harinya. AC yang terletak di kamar tidur bisa menyala lebih dari 9 jam sehari. Tentu masuk akal apabila anda memilih AC yang hemat listrik. Pilihlah AC secara tepat karena penggunaan AC yang tidak sesuai dapat memboroskan biaya tagihan listrik anda. Misalnya AC kamar tidur anda yang menyala lebih dari 9 jam sehari bahkan lebih tentu penting anda memilih AC yang hemat listrik. Pastikan anda membandingkan AC setelah diketahui PK yang anda butuhkan dari AC anda. Misalnya ruangan saya ini pakek 1Pk atau 1,5PK itu bisa di hitung penggunaan daya listriknya. Dan jangan membandingkan AC 0.5 PK dengan AC 1.5 PK karena itu seperti membandingkan apel dan jeruk terlalu beda jauh. Pada saat membandingkan anda juga harus menghitung berapa watt penggunaan AC pada saat tarikan awal (pertama dinyalakan) hingga pada saat berjalan. Karena AC tipe inverter akan menggunakan daya listrik yang lebih tinggi pada saat tarikan awal setelah AC berjalan akan menggunakan daya listrik normal.


AC Standard, Low Watt atau Inverter

Ada tiga tipe dalam memilih jenis AC untuk ruangan Anda, jangan salah memilih dari tiga tipe ini karena ini akan amat berpengaruh pada konsumsi daya listrik. Pada Tipe Split AC saat ini dibagi menjadi 3 tipe yaitu AC Standard, AC Low Watt dan AC Inverter. Tipe AC Low Watt secara pengertian adalah sama dengan tipe Standard yang penggunaan daya pada kompressornya dikurangi supaya hemat listrik. Tipe AC Low watt biasanya cocok digunakan untuk rumah yang mempunyai daya listrik kecil. Dengan begitu cara kerja AC tipe low watt dan tipe standard adalah sama. Berbeda dengan tipe inverter dimana AC inverter akan bekerja begitu keras di tarikan awal karena untuk mendinginkan ruangan dengan cepat. Ini bedanya dengan tipe low watt, kalau tipe inverter bisa lebih cepat mendinginkan suatu ruangan.Sedangkan tipe low watt membutuhkan waktu agak lama untuk mendinginkan suatu ruangan.Tetapi pada saat suhu ruangan sudah mencapai suhu yang disetel di remote maka AC inverter akan mengurangi kinerjanya sehingga penggunaan watt akan relatif lebih rendah. Tipe AC inverter memakai watt yang amat besar untuk tarikan awal pada saat menyalakan AC, lalu penggunaan watt akan menurun dan relatif rendah pada saat ruangan sudah dingin. Berikut kesimpulan cara mudah memilih tipe AC yang tepat : Rumah anda memiliki daya listrik rendah -> Gunakan AC Low Watt Pintu ruangan AC anda sering dibuka tutup -> Gunakan AC Standard AC Anda sering dimati nyalakan -> Gunakan AC Low Watt AC anda hanya bekerja untuk waktu pendek (2-3 jam sekali pakai) -> Gunakan AC Standard atau Low Watt AC anda nyala dalam kondisi lama (6 jam+) di ruangan yang tidak buka tutup (contoh di ruang kamar tidur) -> Gunakan AC Inverter


Rumus Perhitungan AC

Rumus menghitungnya ada 2. Rumus pertama cara menghitung kebutuhan ac:
(Panjang x Lebar x Tinggi Ruangan x Faktor 1 x 37) + (Jumlah orang x Faktor 2)
Angka Faktor 1 adalah: untuk kamar tidur = 5, untuk kantor atau living room = 6, dan untuk restoran atau salon atau warnet atau mini market = 7
Angka Faktor 2 adalah: untuk orang dewasa = 600Btu, untuk anak-anak = 300Btu
Oke kita akan lihat contohnya:
untuk ruangan kamar tidur panjang 3m, lebar 3m dan tinggi ruangan 2.5m, dan akan ditinggali oleh 2 orang dewasa misalnya. Perhitungannya jadi seperti ini:
(3 x 3 x 2,5 x 5 x 37) + (2 x 600)
= 4.162,5 + 1.200
= 5.362,5 Btu

Rumus kedua untuk menghitung kebutuhan ac jauh lebih simple, dan rata-rata lebih umum digunakan untuk menghitung kebutuhan AC walaupun tidak se-akurat rumus pertama. Rumus kedua ini hanya panjang ruangan dikali lebar ruangan dikali 500Btu.

Contoh: ruangan 3m x 3m = 9m2 x 500Btu = 4.500Btu.

Berarti untuk mendinginkan ruangan sebesar 3m x 3m dibutuhkan MINIMAL AC 1/2 PK karena AC 1/2 PK memiliki BTU sebesar 5000.


team img 1

Putu Sedana

Project Manager
team img 4

Gde Ramon Dharmawan,ST

Project Director
team img 3

Dindari

C E O
team img 4

Novianti

Accounting Manager

Mencari partner terbaik untuk proyek anda?

Kami adalah kontraktor spesialis pekerjaan MEP. Kami profesional di segala bidang mekanikal, elektrikal, sistem pemipaan dan sistem tata udara (HVAC). Bekerja dengan kami akan memberikan banyak keuntungan, salah satunya kami menyediakan ide desain, rekomendasi teknik dan konsultasi yang mempunyai value yang tinggi untuk efesiensi biaya bagi properti anda.

CONTACT INFO

Jl. Gunung Mas no 1, Denpasar - BALI, 80117 PHONE: (+62361) 8447229 HP: (+62)81 239 301 999 EMAIL: info@jtp.co.id SITE: www.jtp.co.id

PHOTO STREAM

PLEASE FILL YOUR EMAIL BELOW
Thank you for fill your email